Generasi Pertama Sekolah Emas Gelar Persami

Boyolali- RSC- SMPTQ Insan Cendekia gelar Persami Angkatan Pertama untuk memperingati Hari Pramuka ke-61 (13-14/8). Persami tersebut berbeda dengan perkemahan di sekolah lain.

Hal ini diungkapkan Kak Yulia selaku Pembina Pramuka SMPTQ Insan Cendekia seusai mengikuti kegiatan perkemahan terserah, “Banyak hal yang saya dapatkan di sini, mulai dari karakter anak, pertanyaan mereka, dan yang paling mengena adalah disini mereka diajarkan perjuangan yang betul-betul berjuang. Dibangunkan oleh lantunan Al Qur’an jam 3 pagi, anak-anak ini sangat semangat saat muroja’ah Juz 30 dan dzikir pagi sore. Luar biasa, berproses bersama,” ujarnya selesai upacara penutupan, Minggu, 14 Agustus 2022.

Selain sarat dengan kekhasan sekolah Islam, perkemahan ini juga dilaksanakan dengan khidmat meski diguyur hujan lebat sejak sore hingga tengah malam. Oleh karena itu, kegiatan Upacara Api Unggun yang seyogyanya dilaksanakan di halaman masjid dengan sigap diganti ke area dalam masjid menggunakan lilin-lilin lampion agar kegiatan tetap berjalan dengan lancar.

Berbagai kegiatan perkemahan dengan nuansa keislaman sudah dapat dirasakan sejak Sabtu sore (13/8). Diawali dengan melantunkan hafalan satu juz ba’da magrib hingga muroja’ah (mengulang hafalan) selepas isya menjadikan kegiatan perkemahan ini selain menanamkan nilai-nilai luhur Pramuka juga mengingatkan pada siswi-siswi Sekolah Emas untuk tetap menjaga hafalannya ditengah kesibukan yang ada. Hari kedua, kegiatan diawali dengan bersih diri pukul tiga dini hari, dilanjutkan tahajjud berjamaah, dilanjut menghafal Al-Qur’an hingga subuh berjamaah.

Diharapkan dengan mengaktualisasikan kekhasan kegiatan pondok pada perkemahan kali ini, santriwati Sekolah Emas dapat menanamkan pada dirinya sendiri bahwa tidak ada halangan untuk terus menghafalkan Al-Qur’an ditengah kesibukan mereka, baik saat sekolah maupun saat bermasyarakat.

Related posts

Leave a Comment